Penerapan Program E-Learning di SD

Tugas Kelompok
1. Purwanto
2. Rustinah
3. Rusdiana

Mata Kuliah Teknologi Pendidikan
Dosen : Ir. M. Adriyanto, MSM

Penerapan Program E-Learning Di SD

Latar Belakang

PP No. 19 Tahun 2005, Pasal 19, ayat 1 menyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kemajuan juga berimbas dalam dunia pendidikan. Berbagai teknik dan meode pengajaran sekarang bermunculan seiring dengan semakin mudahnya akses ICT. Apalagi dengan kehadiran jaringan iternet, di mana berbagai infmorasi akan mudah didapat. Euforia kemajuan pendidikan tidak terbendung lagi. Perkembangan ICT mempermudah guru merealisasikan amanat PP No. 19 Tahun 2005. Bentuk realisasi penggunaan ICT diantaranya adalah diterapkannya E-Learning dalam pendidikan.

Pengertian

E- learning terdiri dari dua kata yaitu E yang merupakan kepanjangan dari electronic dan learning. Jika kedua kata itu digabung menjadi satu, maka membentuk satu pengertian yaitu pembelajaran yang berbasis elektronik.
Istilah e-Learning atau eLearning mengandung pengertian yang sangat luas, sehingga banyak pakar yang menguraikan tentang definisi E-learning dari berbagai sudut pandang. Salah satu definisi yang cukup dapat diterima banyak pihak misalnya dari Darin E. Hartley [Hartley, 2001] yang menyatakan:

eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa:
eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-learning adalah pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi atau learn based Information Communication Technology (ICT).

Sarana dan Prasarana ’E-learning for Education

1. Tiap-tiap kelas perlu 1 unit computer
2. Koneksi internet.
3. Audio – Visual (TV, tape recorder)
4. LCD, baik portable maupun permanent
5. PSB (pusat sumber belajar) yang menyediakan layanan dan program pembelajaran berbasis ICT.

Tujuan ’E-learning for Education’ untuk SD

1. Menjawab tantangan tentang globalisasi informasi dan komunikasi khususnya dalam  kegiatan  belajar mengajar.
2. Penggunaaan E-learning meningkatkan interaksi belajar mengajar menjadi lebih menarik
3. E-learning menghapus paradigma bahwa guru adalah sosok yang serba tahu
4. Penggunaan E-learning mengajarkan dan membiasakan kepada anak mengenal teknologi
Manfaat ’E-learning for Education’

A. Bagi Guru
1. Guru tampil lebih percaya diri
2. E-learning meminimalisir tingkat kesalahan materi pelajaran  yang diberikan oleh guru
3. Pekerjaan mengajar menjadi lebih mudah
4. Pengajaran lebih efektif

B. Bagi Siswa

1. Siswa merasa lebih nyaman dengan penggunaan E-learning
2. Materi yang diajarkan guru lebih akurat kebenarannya
3. Materi pelajaran lebih mudah dipahami
4. Kegiatan belajar menjadi menyenangkan dan bermakna
5. Siswa tidak gaptek (gagap tekologi)

C. Bagi Sekolah
1. Tingkat kepercayaan stake holder (yayasan, orang tua, dan masyarakat) meningkat
2. Memudahkan untuk memetakan guru pada program pelatihan lanjutan
3. Prestasi sekolah meningkat
4. Penggunaan E-learning memunculkan prestise bagi sekolah

Pelaksanaan Proram

E-learning digunakan sebagai :
1. Sumber materi pelajaran
Contoh: Materi bencana alam pada pelajaran IPS disampaikan dengan menayangkan kejadian-kejadian yang berhubungan dengan bencana alam, misal:
gunung meletus : Guru menayangkan proses gunung meletus ( bisa didownload di internet)
Dengan pembelajaran konvensional siswa tidak bisa melihat secara langsung bagaimana proses terjadinya gunung meletus tersebut.Deminkian juga bencana banjir, angin puting beliung, dll. Namun dengan menggunakan media ICT, semuanya terlihat dengan sangat jelas. Siswa dapat menyaksikan prosesnya.

Materi-materi seperti tersebut di atas tersedia lengkap di internet. Materi tinggal dicaridi internet dan dapat langsung ditayangkan dengan menggunakan LCD.

2. Presentasi siswa, baik tugas kelompok maupun tugas perorangan.

3. KBM oleh guru (agar pembelajaran lebih menarik).

Kendala-Kendala Penerapan ’E-learning for Education’

1. Belum semua guru mau menerima keberadaan E-learning
2. Belum semua guru mampu menguasai dan menggunakan E-learning
3. Beberapa media seperti LCD, wireless jumlahnya masih terbatas sehingga penggunaannya harus diatur
4. Harga media ICT masih mahal.
Upaya Mengatasi Kendala-Kendala

1. Mengadakan pendekatan persuasif tentang pentingnya E-learning
2. Menjalin pola kemitraan dengan pihak-pihak yang peduli dengan pendidikan (kemitraan bisa dijalin dengan perusahaan yang beroperasi di sekitar lingkungan sekolah melalui program comunity development/comdev)
3. Mengadakan pelatihan-pelatihan. Misalnya:
a. Pelatihan komputer program windows dan excel
b. Pelatihan pebuaan bahan ajar dalam power point
c. Pelatihan pembuatan e-mail
d. Pelatihan pembuatan blog
4. Mengupayakan media yang jumlahnya masih kurang (dapat menggunakan dana dari RAPB maupun BOS)

Referensi
1. Gordon, Thomas. 1997. Teacher Effektiveness Training. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
2. R. Covey, Steven. 1996. First Things First. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
3. Johnson, Elaine B. 2007. ContextualTeachig and Learning. Penerbit MLC: Jakarta
4. http://ilmukomputer.com/wp-content/uploads/2008/01/adri-multimedia-pengajaran.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: