Pulang Kampung

Klaten kota kelahiranku memang penuh pesona. Aku selalu kangen itu, makanya biar bagaimanapun juga kubela-belain pulang. Jadilah November 2011 ini aku terbang lagi. Klatenku sayang. Aku datang. Klaten alamnya subur. Padi seperti hamparan permadani di sana. Hijau lalu kuning keemasan. Bicara tentang padi, tentu Klaten gudangnya. Bahkan si pulen “Rojolele” sepertinya hanya mau tumbuh subur di Klaten. Kuliner? Klaten tempatnya makanan enak, dan…murahnya itu lho. Maklum sudah mendarah daging di Balikpapan yang kalau mau makan mesti lihat kantong dulu.

Garuda sudah masuk wilayah udara Jogja. Itu berarti seperti lagi aku turun. Aroma kerinduan pun sudah kucium di pesawat meski baru beberapa bulan yang lalu, Juli 2011 aku sowan ortu. Namun sejurus kemudian, crew pesawat memberitahukan bahwa Garuda dalam antrian mendarat. Urutan ketujuh. Akhirnya pesawat muter-muter saja di langit Jogja. Deg-gegan juga. Beberapa kali kulihat pantai Parangtritis dari ketinggian. Elok, menawan.

Leave a Reply

