Menjadi Guru

MANFAAT MENJADI GURU BAGIKU

Menjadi guru bukanlah merupakan impian utama bagiku. Aku lebih mengidolakan bekerja yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Namun karena masuk FKIP merupakan pilihan terakhir yang bisa kudapatkan maka mau tidak mau aku harus menjadi guru.

Setelah menjadi guru, ternyata banyak manfaat yang kudapatkan, yaitu:

1. Kepuasan batin

Hal ini kurasakan jika:

  1. Aku bisa memberikan suatu pengertian yang diterima dengan baik oleh murid-muridku.
  2. Melihat mereka menerimaku dengan tulus.
  3. Melihat mereka bahagia
  4. Mereka menganggap aku sebagai orang tuanya, sehingga mereka menumpahkan perasaannnya padaku.
  5. Aku disapa dengan sopan dan hangat oleh murid-muridku.

2. Penghargaan Masyarakat

Masyarakat masih menganggap bahwa guru adalah sebuah profesi yang mulia sehingga kepada guru mereka masih sangat hormat dan segan. Mereka menyapaku dengan panggilan “Pak Guru.”  Disamping itu, aku sering ditunjuk untuk tampil dalam kegiatan-kegiatan masyarakat. Mewakili untuk memberikan sambutan, dan turut memecahkan masalah-masalah yang ada di kampungku.

Masyarakat yang memperlakukanku seperti ini berpengaruh pada diriku. Aku menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak. Jangan sampai aku mencemarkan nama baik diriku dan nama baik masyarakat di tempat tinggalku. Jangan sampai perlakukan masyarakat ini berubah karena ulahku. Masyarakat masih menganggap bahwa guru itu digugu dan ditiru, bukan wagu tur saru.

3. Bagi Keluargaku

  1. Aku bisa menghidupi keluargaku dari profesiku.
  2. Aku bisa menanamkan banyak hal pada anak-anakku.
  3. Aku dituntut banyak membaca karena sering jadi tempat rujukan untuk bertanya,     baik dari anak-anakku maupun keponakanaku. Alangkah malunya kalau sampai pak guru tidak tahu..
  4. Aku harus menjaga kewibawaan dan perilaku untuk dicontoh anak-anakku.

Leave a Reply

